Nirmana diartikan sebagai tidak ada wujud atau tidak ada rupa.  Nirmana dari semula yang tidak ada wujud/tidak ada rupa kemudia berwujud media rupa untuk memperoleh keindahan.  Nirmana dikatakan pula sebagai ilmu keindahan.

Unsur-unsur Konseptual pada Nirmana adalah elemen titik, elemen garis, elemen bidang dan elemen gempal.

1.Elemen Titik

Elemen titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Dari sebuah titik dapat dikembangkan menjadi garis atau bidang.

Ciri khas elemen titik adalah ukurannya yang kecil dan rautnya sederhana.  Suatu karya seni dapat dihasilkan dengan teknik titik-titik.

Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tidak bersudut dan tanpa arah. Raut titik tergantung alat penyentuh yang digunakan, atau tergantung benda-benda yang dibayang sebagai titik, sehingga titik dapat juga beraut bujur sangkar, segitiga, dan sebagainya.

2.Elemen Garis

Garis adalah suatu hasil goresaan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa dan warna. Garis bisa panjang, pendek, tebal, tipis, lurus, melengkung, berombak, vertikal, horizontal, diagonal dan sebagainya. Jika titik diletakkan sejajar secara berimpit, maka didapatkan sebuah garis. Saat menyentuhkan alat gambar/alat tulis dan menggerakkannnya pada bidang maka akan meninggalkan bekas yang disebut sebgaai goresan atau garis.

Raut adalah ciri khas sjuatu bentuk. Raut garis secara umum berupa garis lurus dan garis bengkok/lengkung. Jika dirinci ada 4 raut garis :

  1. Garis lurus : horizontal, diagonal, vertikal
  2. Garis lengkung : lengkung kubah, lengkung busur dan lengkung mengapung.
  3. Garis majemuk : garis zigzag, garis berombak
  4. Garis gabungan : gabungan garis lurus, lengkung dan majemuk

Ukuran garis bersifat nisbi, yaitu ukuran garis yang berupa panjang-pendek, tinggi-rendah, besar-kecil dan tebal-tipis.

Menyusun garis dengan dua atau tiga interval garis yang berjauhan disevut oposisi, hasilnya kontras, dinamis, keras, kuat, dan tajam.

Arah garis ada tiga yaitu horizontal, diagonal, dan vertikal

Interval tangga arah garis

Gerak garis merupakan arah gerak saat menggoreskan garis tersebut. Gerak garis bisa dikatakan irama garis.