Presentasi Multimedia Pembelajaran adalah suatu proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam pengertian umum adalah aktivitas peserta didik dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Kita bersyukur dengan adanya TIK, sehingga kita dapat melakukan pembelajaran berbasis multimedia, yaitu pembelajaran menggunakan media untuk membantu pencapaian perubahan perilaku yang lebih baik dengan lebih cepat dan bermakna. Pembelajaran berbasis multimedia dilakukan dengan mengintegrasikan antar komponen yang ada dalam multimedia (misalnya teks, foto, gambar, audio, video, dan animasi) yang dioperasikan dengan menggunakan komputer. Berikut ini merupakan keunggulan penerapan pembelajaran yang menggunakan multimedia (Ariasdi, 2008). 1) Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron. 2) Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gunung, laut, gajah, dan lain-lain. 3) Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit, dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, berkembangnya bunga, dan lain-lain. 4) Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan, bintang, matahari,salju, dan lain-lain. 5) Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi. 6) Meningkatkan daya tarik siswa.

Berkat keefektifannya dalam menyajikan pesan, dewasa ini presentasi multimedia banyak diaplikasikan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran. Tentu saja ini bukan berarti bahwa presentasi multimedia merupakan media yang paling cocok untuk semua materi dan topik pembelajaran.

Perangkat Keras Presentasi Multimedia Pembelajaran  Karena keunggulan-keunggulan multimedia, maka sekolah diharapkan memiliki multimedia classroom. Kebutuhan infrastruktur dalam menciptakan multimedia classroom yaitu:

1) Komputer/Laptop Komputer dalam penerapan multimedia pembelajaran memiliki peran sebagai media utama terjadinya proses pembelajaran berbasis multimedia, kemajuan teknologi. Komputer dalam perkembangannya hingga kini terus berkembang dan memiliki tingkat mobilitas dan kebergunaan bagi para stakeholder dalam pembelajaran. Itulah sebabnya maka komputer desktop sekarang banyak digantikan dengan laptop maupun berbagai gadgets lain seperti tablet atau ipad

2) LCD Projector LCD Projector merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar dengan permukaan datar seperti tembok, dan sebagainya. Proyektor LCD biasanya selain digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan, juga bisa digunakan sebagai aplikasi home theater. Untuk menampilkan gambar, proyektor LCD dapat mengirim cahaya dari lampu halide logam yang diteruskan ke dalam prisma yang mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal video.

3) LCD Projector Screen/Layar LCD Kebutuhan screen dapat diwakili dengan menggunakan dinding yang memiliki warna mendekati warna sebuah screen.

4) Soundsystem Perangkat yang digunakan sebagai pengeras suara dari komputer bermaksud agar suara dapat didengar oleh peserta pembelajaran di dalam satu ruangan, kemampuan dari soundsystem tergantung dari besar kecil dan jumlah peserta dalam ruang tersebut. Peralatan multimedia tersebut, kemudian dirangkai dengan peralatan multimedia menjadi satu kesatuan perangkat pembelajaran berbasis media, maka selanjutnya akan terbentuk ruang kelas multimedia.